Wednesday 4 January 2017

Camino de Santiago Hornillos-Castrojeriz

Camino de Santiago hari ke 17 ( Hornillos-Castrojeriz )

Keluar dari albergue , mampir sarapan di seberangnya.
menyusuri kota Hornillos, terdapat   monumen dengan patung ayam jantan diatasnya, sebagai simbol kota hornillos, diperingati tiap tanggal 2 Oktober  hari raya ayam  jantan dan
monumen dari batu monilit berdiri, sebagai penghormatan kepada Servando Mayor Garcia, Hermano Marista (1952-1996)

Jam 9:00 pagi, keluar dari Hornillos, terasa panas cuaca, menuyusuri  jalanan bertanah-berpasir, pandanan bukit , beberapa pohon cemara terlihat, tanda demi tanda camino terlalui, kanan kiri ladang- ladang gandum , terlihat kincir angin nun jauh disana, seuah cruz merah camino de Santiago berdiri di tetumpukan batu-batu.


camino hornillos






















 Menuu kota San Bol yang tidak berpenduduk , tertandai dengan sebuah bangunan bertulikan San Bol, berada di tengah -tengah ladang, sebelah kiri jalan.
Sebelum masuk kota Hontanas, sebelah kanan jalan sebuah taman selain ada kran air minum, juga tempat duduk, juga terdapat seperti gua , Ermita Santa Brigita, dengan patungnya didalam.

Jam 11:37  memasuki pinggiran kota Hontanas,  Sebuah gereja abad XIV iglesia de Nuestra Senora de la Inmaculada. Tak jauh dari situ beberapa tienda-bar (toko-cafe), tienda Santa Brigida, ada sup,pizza, hambuger, french fries, dll, dimana atasnya ada albergue juga.

camino san bol camino hontanas














Setelah makan siang, segera melanjutkan ke San Anton selanjutnya.
Banyak pohon-pohon di pinggir jalan beraspal kanan kiri. Sesekali mobil berlalu lalang, panas sangat menyengat, sesekali terlihat orang beristirahat di bawah pohon , sambil minum, makan apel, supaya tidak dehidrasi.
Di tengah perjalanan terlihat orang tua camino dengan membawa payungpelangi, seebelumnya ada di belakakng , tiba-tiba sudah menyusul ke depan hehehe...
Sambil berkata pakai payung lebih nyaman.....
Tidak lama dia terliat  jauh, cepat sekali jalannya.
ditandai dengan reruntuhan bangunan  San Anton abad ke XIV.


 camino castrojeriz














Reruntuhan bangunan San Anton,
Didirikan pada 1146 dibawah perlindungan Raja Alfonso VII. Mantan General Preceptoria General de los Antonianos di Spanyol.
Didedikasikan untuk  peaiarah dan menyembuhkan dari penderitaan "  api jahat " penyakit yang tersebar di abad pertengahan.
Itu membantu para peziarah dan TAU dikenakan sebagai tanda perlindungan dari kejahatan jalan.
Hilang pada tahun 1787, sebagian hartanya diteruskan ke gereja, perguruan tinggi dan efek dari penyitaan Medizabal tahun1835, sisanya jatuh ke tangan swasta.
Sejak tahun 2002 ada tempat berlindung bagi para peziarah.
Pintu masuk biara ini dilindungi lengkungan tinggi abad XVI, berdiri megah bergaya gotik dan jendela gotik yang mengesankan dari kubah gereja.
Altar bergaya baroque disimpan di gereja San Juan Bautista.


Lanjut ke kota selanjutnya , terlihat bukit yang diatasnya ada reruntuhan bangunan juga, yaitu bangunan Castillo de Castrojeriz.
Terlihat juga dari jau bangunan gereja. Santa Maria del Manzano.
Bertemu jalan bercabang di tengah -tengah monumen cruz, mengambil jalan sebelah kiri untuk masuk kota Castrojeriz.
 Langsung menuju albergue El Meson de Castrojeriz 39E, tidak ada tv, hair dryer,  tapi nyaman.

Melewati sebuah  monumen patung Camino de Santiago berdiri 15 September 2001, sebgai rasa hormat kepada orang-orang atas 1000 tahun sebagai bentuk semangat untuk camino.












No comments:

Post a Comment