Tuesday 3 January 2017

Camino de Santiago Burgos-Hornillos

Camino de Santiago hari ke 16 ( Burgos - Hornillos)

Melewati sebuah gereja 11:42 Esclavas del Sagrado Corazon de Jesurang lebih 50 menit jalan melewati pintu bertuliskan  Ermita de San Amaro Peregrino.

San Amoro sendiri adalah peziarah yang dihormati sebagai santo dalam gereja katolik . Tempat ini yang seperti rumaah sakit sebenarnya tempat perlindungan untuk merawat para peziarah miskin dan sakit. Dibangun tahun1614 oleh Fray Pedro de Lazcano.
San Amaro mengabdikan dirinya di sanctuary tersebut dan jenazahnya berada disana. Dan San Amaro pilgrim dirayakan tiap 10 mei.

Sejam kemudian melewati Villalbilla de Burgos,  cuaca yang sangat panas , koper yang sudah di transfer langsung ke kota Castrojeriz, sedang tujuan alam itu bermalam di Hornillos, sehingga ada beban ransel untuk perlengkapan bermalam di kota Hornillos.
Melewati sungai Arlanzon, sekitar 25 menit kemudian sampai di kota Tardajos.

camino tardajo


















Tidak berapa lama ketemu dengan monumen Camino de Satiago Tardajos, dan di tengah   pertigaan jalan  sebuahmonumen Crucero Tardajos.
Terdapat jalan bercabang, mengambil jalan menyeberang karena tak jauh dari situ terdapat cafe yang masih buka, walau macam makanannya tidak banyak, lumayan ada telur rebus , buah apel ,bisa menganjal perut dan segelas es kas lemon .

30 menit kemudian lanjut perjalanan , masih melewati kota Tardajos , mengisi tempat minum dengan air dari kran khusus air minum di sebuah taman.
Di Tardajos terdapat gereja , Iglesia Parroquial de Nuestra Senora de la Asuncion de Tardajos.

Dan juga melewati Colegio de los Padres Paules
Untuk sampai ke Rabe de las calzadas ditempuh dengan jarak hanya 2 km, menyusuri jalan beraspal , jalanan sanga sepi , terlihat bukit hijau di depan mata, beberapa menit sudah banyak rumah-rumah penduduk setempat.
Ada kursi taman yang dipajang dipinggir jalan , depan rumah penduduk, sambil mem -booking hostel.


camino rabe de las calzadas

















Menyusuri jalanan kota Rabe de las Calzadas,sebuah Iglesia de Santa Maria telihat menaranya dari kejauhan., lanjut jalan bercabang, rute camino sebelah kiri bangunan Ermita  de Nuestra Senora de Monasterio.
Hampir 2 jam menyusuri jalanan tanah berkerikil, samping kanan kiri hanyalah ladang-ladang gandum, dengan pandangan depan bukit- bukit , terlihat dari jauh rumah- rumah terlihat kecil, berasanya tak jauh lagi bakal sampai di kota selanjutnya, padahal masih jauh...  hingga mendekati kota Hornillos baru jalan beraspal.
Seekitar jam 18:30 sampai di albergue Meeting Point sekitar 40E  untuk private room-toilet,. tetapi tidak ada sabin ternyata... untunglah tak jauh di seberang ada toko kecil, selain menjual snack-roti juga perlengkapan camino.. Ada beberapa cafe-resto juga di seberang albergue meeting point.

camino hornillos




















No comments:

Post a Comment