Monday 21 November 2016

camino de santiago ( st.james way)

Camino de santiago , 

rute st. jean pied de port - santiago compostela
lintas alam camino de santiago

Sebuah perjalanan  jalan kaki (a pied) atau bersepeda ( a bicyclette)  yang dilakukan oleh pilgrim -peregrina-peregrino (peziarah), yang akan dituntun  tanda panah kuning disetiap perjalanan sehingga tak akan tersesat dengan  jarak, waktu,( bangun pagi -mulai camino hari itu-makan -berhenti  camino hari itu -penginapan (albergue) -jam tidur) yang ditentukan sendiri , hanya satu tujuan yang sama "santiago compostela". 

Camino de Santiago

Maksud dari tujuan camino  pun  berbeda, di hati masing masing pilgrim apakah untuk rohani, turis, kesehatan,  olah raga atau hanya sekedar jalan.
Camino de Santiago
sebenarny merupakan tapak tilas santo yakobus / saint james
,jenasahny yang dibawa dari yerusalem ke  cathedral santiago compostela.  25 juli diperingati perayaan st. Yakobus.
Ceritanya jenasah santo yakobus yang diselimuti kerang kerang, yang kemudian dijadikan lambang camino de santiago.
Rute camino pun sekarang sudah banyak,  mulai dari portugal,  inggros,  spanyol,  dll.
Paling populer dari perbatasan perancis -spanyol (st. Jean pied de port) hingga santiago compostela.

Dimulai dengan pendaftaran di kantor pilgrim di kota- kota tertentu  ( st jean pied de port, roncesvales, pamplona, sarria) Dan setengah camino dan akhir camino de santiago berhak mendapatkan sertifikat  yang harus dibayar @3€.
Bahkan sesampai di santiago, banyak yang meneruskan ziarah sampai ke fistera (the end of the world) dan muxia.  

Sertifikat Camino de Santiago bisa didapatkan setelah menjalani setengah dari rute camino de santiago, dan setelah menyelesaikan rute tersebut dan berakhir di santiago compostela.

Buatlah jadwal bercamino dengan sisakan waktu beberapa hari untuk berjaga jaga  dikarenakan sakit, jangan sampai dikejar waktu dan jadwal, jika memang berniat jalan kaki hingga titik akhir santiago compostela.

Hanya sang punya kaki dan tubuhlah yang mengetahui,  kapan saatny berhenti,  istirahat,  atau tetap terus,  kesanggupan pribadi masing masing.
Tak ada yang tak bisa kita lampaui, niat dan doa menjadi sumber kekuatan saat raga pasrah, tak ada daya lagi.

Musim summer lebih ramai daripada musim spring, pesan hotel jauh hari sebelumnya lebih baik, untuk mendapatkan harga  yang lebih murah dan bagus secara kualitas hotel dan strategis tak jauh dari jalur camino, apalagi jika pada hari sabtu-minggu, banyak juga penduduk lokal berlibur keluar kota.

Persiapan Camino Santiago

Siapkan segala sesuatunya untuk bercamino, paling penting adalah kondisi tubuh yang fit, otot kaki yang kuat khususnya otot paha supaya sendi , bantalan lutut terlindungi.
Bersepeda cepat menguatkat otot kaki.
Bawalah barang yang penting dan secukupnya seperti,
2pasang pakaian lengkap, sebaiknya pakaian yang cepat kering, jaket untuk melindungi dari angin dan hujan, jika pergi di musim  summer. karena walau summer ada kondisi di beberapa kota kedapatan dingin di pagi dan malam harinya.
Sepatu tracking, sandal gunung/ tracking, kaos kaki, obat-obatan untuk telapak kaki lecet, obat-obatan umum atau yang biasa diminum, sabun-shampo, sikat-pasta gigi, jaket anti hujan.
Jika menginap di hotel/hostal dengan private toilet tidak perlulah membawanya sabun-shampo-handuk.
Bumbu makanan seperti sambal oven yang awet dan cukup sedikit sudah berasa pedas dan makanan jadi lebih nendang bumbunya, seperti yang kubawa..sambal oven.

 Jika tidak menggunakan jasa transport untuk koper/ ransel antar kota camino de santiago,  bawalah seperlunya saja , jangan sampai barang membebani tubuh dan  jalan  anda.
 jasa transport koper camino de santiago
Hampir semua sama tiap jasa tranport tas dari hotel  ke hotel kota berikutnya, yang lebih murah correos, bisa dibayar ditempat atau di amplop yang dilampirkan di koper, tetapi lebih mendaftar dan meberikan jadwal lebih dulu.

Saat misa pilgrim, pedupaan besar botafumeiro mengayun di Cathedral Santiago Compostela


No comments:

Post a Comment