Friday 16 December 2016

camino de santiago najera - santo domingo

camino de santiago hari ke 12 ( najera - santo domingo )

Jalan mengitari kota Najera , masuk ke Monastery of Santa la Real yang berlokasi di jalan Plaza Santa Maria. Monastery ini didirikan  oleh Garcia Sanchez III  (raja Najera-Pamplona) dan istrinya Dona Estafania de Fox pada tanggal 12 desember 1052.
Asalnya ditemukan sebuah gua , altar kecil bergambarkan perawan dan anak, lonceng perunggu, kendi dengan bunga lili, lentera, elemen yang sampai saat ini masih di mimbar gereja.

Bangunan aslinya , abad ke 11 menurut para ahli bergaya romantik dipengaruhi asturian  dan mozarabe,  dan telah hilang hampir seluruhnya, hal ini karena setelah rekontruksi abad ke 12, dan pada abad pertengahan 15 dibangun lagi sepenuhnya, menjadi gaya gothic dan renaissance.

Terdapat royal Pantheon berjajar Raja Garcia Sanchez III dan istrinya Dona Estafania.
Makam Blanca de Navarra , putri, saudara, istri dan ibu dari raja-raja tetapi tidak pernah ratu., yang tertua dari mereka diawetkan.
Juga makam Garcilaso de la Vega, yang meninggal dalam pertempuran najera 3 april 1367


monastery of santa la real












Sampai di kota Santo Domingo
kota santo domingo











Masuk ke Cathedral of santo Domingo de La Calzada,
dimana pendirinya Domingo Garcia yang lahir di Viloria de Rioja ( Burgos)tahun 1019. Dia memutuskan untuk mengabdikan hidupnya untuk Tuhan, dan mencoba untuk masuk ke Monastery of San Milan dan Valvanera tetapi tidak diterima.
Sekitar tahun 1040 ia menjadi pertapa di hutan yang menduduki sisi dimana kota ini sekarang berdiri.
Dari rumahnya dia melihat betapa sulitnya peziarah dan dia mulai bekerja membantu mereka dengan membangun jembatan ntuk menyeberangi sungai Oja, rumah sakit para peziarah bisa berlindung , jalan penhubung Najera dan Redecilla del Camino (Burgos)dan gereja kecil. Domingo mendapat persetujuan dari Alfonso VI de Castilla yang menyediakan sebidang tanah dimana Domingo membangu gereja pertama dan selesai tahun 1106, sayangnya tidak ada lagi.
Ketika ia meninggal 12 mei 1109, dimakamkan di tengah ziarah, yang telah dirancang. Pengikutnya mempertahankan desa kecil yang kemudian mengam bil namanya dan mereka melanjutkan karyanya, menciptakan persaudaraan, menjaga kenangannya , tradisi dan kepercayaan hidup.

 Cathedral Santo Domingo de la Calzada keuskupan dari Callahora-la Calzada dan Logrono  sejak 1232.
Pembangunan dimulai abad ke-12 dan selesai abad ke-14, tetapi bangunan kemudian menjalani reformasi penting abad ke 16.
Girola romanica abad ke 16, dan mudejar biara abad ke 14. juga berisi renaissance altar dan  paduan suara abad ke 16.
Pintu yang dikenal sebagai "Santo" yang dipimpin orang-orang kudus pelindung keuskupan, Santo Domingo dan para martir San Emeterio dan San Celedonio, dibangun abad ke 18 dan berisi "Holy body" santo Domingo de la Calzada, yang mendirikan kota.
Di dalam terkenal dengan :kandang ayam gothic dengan hidup ayam jantan dan  induk ayam.

cathedral santo domingo de la calzada















cathedral santo domingo de la calzada














cathedral santo domingo de la calzada









cathedral santo domingo de la calzada

No comments:

Post a Comment