Monday 5 December 2016

Tenganan Village

Tenganan Village ( Bali Aga)
 Sebuah desa tradisional berlokasi di kabupaten Karangasem, Bali.
Tenganan merupakan salah satu dari desa Bali Aga  (desa yang masyarakatnya  masih mempertahankan tata cara hidup pada aturan tradisional adat yang merupakan warisan nenek moyang mereka).

Rumah adat Tenganan khas beratapkan tumpukan daun-daun rumbi, bagunannya dari batu-batu sungai, bata merah.
Terkenal juga dengan tradisi ritualnya  yaitu Mekare-kare (perang pandan). merupakan puncak dari prosesi upacara Ngusaba Sambah yang diselenggarakan tiap bulan Juni selama 30 hari.
Peserta perang pandan ini para lelaki dari anak-anak sampai dewasa , diiringi dengan Gamelan Selonding khas desa Tenganan.
Senjata yang digunakan dalam perang pandan terbuat dari daun pandan, dengan durinya yang bisa melukai lawan jika tidak segera ditangkis dengan tamengnya. Namun luka karena duri tersebut diobati dengan dibalur ramuan tradisional seperti loas, kunyit, dan sebgainya.

Kebanyakan pekerjaan penduduknya selain bertani, juga membuat kerajinan-kerajinan seperti, membuat anyaman dari bambu, ukiran dari kayu pohon, lukisan di daun lontar, menenun kain yang terkenal dengan  kain Grising ( yang artinya tolak bala), menjadi kain tenun legendaris.

 tenganan village




No comments:

Post a Comment