Thursday 27 October 2016

camino de santiago hari 8

Camino de Santiago, Los Arcos ke Vianna 27-06-16

 
Keluar dari hotel Pujamas 10:30, menuju ke Parroquia De Santa Maria De Los Arcos yang berada di Plaza de Santa Maria.Dibangun dan direnovasi antara abad 12 dan abad 18, sehingga ada gaya arsitektur romawi ,renaissance, baroque.
Melewati Portal de Castilla, yang terletak di sebelah Parroquia de santa Maria. Portal tersebut sebuah dinding tua abad pertengahan yang merupakan pintu gerbang utama.

Camino de santiago


rute menyeberang setelah melewati Portal de Castilla, untuk ke kota Sansol -+ 6,9km.
Jalana berpasir, kerikil , ladang -ladang gandum ,pemandangan bukit-bukit kuning, beberapa ladang gandum yang sudah dipanen sehingga terlihat tanah kering.
Masih mennyusuri jalanan tiba-tiba sebuah semacam kendaraan mesin raksasa untuk memanen gandum lewat, tidak sangka alatnya besar, melebihi lebar jalan, sampai kita harus benar benar berhenti dan menepi. Beberapa menit kemudian berpapasan pesepeda yang bercamino juga. Seperti biasa kita bersapa   "HOLA".. HOLA...BUEN CAMINO
yang artinya hallo.. hallo... selamat bercamino... Setiap hari setiap kita bertemu dengan baik orang- orang setempat dan orang-orang yang becamino.
Hingga jam 13:06 sampai di kota Sansol. -+15 menit menyusuri kota Sansol, akirnya menemukan toko yang buka, langsung membeli air minum dingin, selain persediaan habis dan udara begitu panas.
Saat itu bertemu 2 peregrino yang membeli air juga, ternyata mereka kadang tidur di tenda yang mereka bawa sendiri, kadang tidur di domitory sekitar 10euro per orang semalam. 
hmmm ... jelas gak mandi yah.. jika bertenda... berasa bau badannya... hihihih...

Setelah istirahat beberapa menit, lanjut ke kota Torres del Rio yang tidak begitu jauh , hanya -+0,78km dari sansol, tidak ada yang menarik di sepanjang jalanan hingga jam 13:34 sampai di kotanya, sebelum melewati jembatan kecil , sebuah taman tandus, batu-batu kecil yang ditumpuk -tumpuk peregrina-peregrino.
Melewati  tengah kota Torres del Rio berdiri sebuah gereja, iglesia de Santo Sepulcro Siglo XII, dengan bentuknya segi delapan merupakan seni abad pertengahan, atap yang berkubah yang menakjubkan.

Sekitar 30 menitan berjalan, jalanan berkelok berpasir-kerikil, naik turun, perkebunan anggur, pinggrian jalan raya, higga melihat tumpukan-tumpukan batu-batul kecil., melewati sebuah kapel , menyeberang jalan raya , masuk ke jalan setapak lagi.

No comments:

Post a Comment