Saturday 1 October 2016

camino de santiago hari 1 ( st jean pied de port - roncesvalless-espina)

Camino de santiago 19-06-2016

camino de santiagoSampailah di stasiun st jean pied de port from lourdes,  jam 15.57  keluar dari  gare st jean pied de port,  berjalan menuju hostel esponda. 
Setelah sedikit berputar liat sekeliling mencari nomer rumah,  akhirny menemukan hostel espondawalau kita harus ke kantor lebih dulu tepatnya di restaurantnya di ujung seberang sana.
 


Sebelum camino de santiago, 

sore itu lebih dulu mendaftar di kantor,

camino de santiago
Les amis du chemin de saint -Jacques.  Pyrenees-Atlantiques
Alamat : 39 rue de la Citadelle,  F 64220. Sanit jean pied de port.

 www.aucoeurduchemin.org
 www.compostelle.fr
 

menulis data-data kita,  akan diberi beberapa berkas info untuk informasi selama perjalanan nantinya.  
Begitu juga kertas untuk kita bisa minta stempel di hostel, tempat kita bermalam dan cafe atau resto tempat kita makan di kota yang kita singgahi.
Paling tidak harus ada 2-3 stempel sebagai bukti bahwa kita ber-

camino de santiago


camino de santiago 

camino de santiago
 Berkas - berkas info camino de santiago. 
camino de santiago


hari pertama akan sangat melelahkan, kata petugas kantor pilgrim,  karena ada kenaikan sekitar 1400 mdpl, kondisi jalan yang berbeda-beda, dan menempuh jarak skitar 27km untuk sampai di roncevaux  /roncecvalles.






camino de santiago 










Camino 20-06-16


Pagi hari 06:00 dari jendela hotel yang kebetulan mendapatkan kamar paling atas.
 camino de santiago


camino de santiago Jika dipikir cuman 27 km ke roncesvaux,  rasanya enteng deh jarak segitu...
Dengan bawaan ransel dan koper kecil berangkatlah start camino dari hostel esponda menuju espina. Berhubung tidak mendapatkan hotel di roncevaux,  memutuskan booking di kota espina, -+ 5km dari roncevaux. 

Yang berarti..  Berjalan -+32km.
Start _+ 08:00 pagi melewati jembatan, udara yang sejuk, adem..  Bikin semangat..  

Ternyata bawaan koper kecil memperlambat jalan yang mulai mendaki... Hahahah..  Behenti tiap jarak -+200m untuk duduk istirahat semenit dua menit.
Huh..  Gak nyangka benar-benar hari terberat.
Berlenggang santai,  alon alon asal kelakon...  Berpapasan dengan orang-orang yang camino juga...  Heran kali  ya mereka melihat kita yg menggeret koper...  Mau camino de santiago apa mau pulang kampung..  Hahah.. Dimana yang lainny cuman bawa ransel kecil, ada juga yang ransel besar layakny keperluan naik gumung.  Sepanjang jalan naik beraspal ,sesekali mobil lewat,  dengan tas ransel dipundak dan menggeret ransel yang ada rodanya.. Tiba tiba laki-laki tua bercamino juga dengan cucunya...mengambil alih geretan ransel,  sempat kaget juga...  Bermaksud membantu dengan gaya bercanda.. Tetap digeret...  Jadi aku mengejarnya deh. Hahah...

 camino de santiago

 
  
Sepanjang jalan bukit-bukit hijau, jalan aspal pinggir padang rumput,  jalan naik berkelok,  kadang lewat jalan tanah berkerikil dengan pemandangan perbukitan, sesekali mobil lewat. 

 Ahkirnya Jam 12.00 menemukan kran air minum di pinggir jalan.



Perjalanan masih panjang .. Bertemu dengan beberapa orang dipinggir jalan sepertinya mereka dari melihat perkebunannya.  Mereka menawari hostel untuk kita menginap, karena jam 17.30 saat itu yang bercamino sudah pada behenti. Kalau diteruskan akan masuk hutan.. 
 Tapi karena sudah booking hostel jadi tetap lanjutkan perjalanan.  


Pukul 18:59 ada sebuah papan helpoint, dimana kita  bisa meminta pertolongan.

camino de santiago st.jean pied de port- roncesvalles 
Skitar jam 20.00 bertemu dengan bule sendirian,  dia menginap di bunker tempat penyelamatan jika ada badai.  Hmmm..  Menasehati supaya tidak meneruskan.. Masih jauh..  Untuk sampai roncesvalles.  Sedikit ragu... Dengat tekad kuat, meneruskan perjalanan setelah temanku berkata tinggal beberapa km lg.  


Hingga akirnya masuk hutan dengan jalan yg terjal,  kadang becek, rasanya kaki sudah tidak kuat lagi untuk melangkah,  apalagi sudah jam 22.00 saatny sunset disana,  mulailah gelap dan masih di dalam hutan,  dengan cahaya senter, melihat tanda panah kuning yang merupakan patokan kita supaya tidak tersesat. Tekad kuat dan doa rosario sepanjang jalan,  kuat juga kaki melangkah hingga 23:00 barulah keluar dari hutan..  Lega rasanya langsung ada cafe La  Posada. 
Terlihat sepi hanya pelayan yang menyapu karena sudah tutup..  Bingung juga ternyata perjalanan masih 5km lg untuk sampai ke hotel.  Akirny dengan bertanya apakah bisa meminta stempel.. Dipanggilah manager..  Setelah mendapat stempel, bertanya taxi,  karena kita kemaleman , dan diberi nomer taxi.  Tanpa sungkan karena bingung belum punya simcard lokal disana,  meminta untuk bisa menelponkan taxi.  Dengan sedikit kesel kayakny heheh..  Akirnya dia malah bertanya kalian mau ke arah mana. Karena sejalur ke espina juga,  kita diberi tumpangan..  Oh thanks God .. Ada pertolongan ... Ternyata baik sekali manager La Posada..  Gak hanya beri tumpangan tapi juga mau membantu angkat barang kita..  Hingga diketukan pula hostel  rural haizea.. 
Karena mengentengkan jarak 32km... hari pertama yang sangat -sangat melelahkan melintas pegunungan pyrenees. 


Selanjutnnya camino de santiago , espina ke larrasoana.

No comments:

Post a Comment